Sebagai daerah yang memiliki sejuta pesona alam dan budaya, Kabupaten Pangandaran menyimpan berbagai lokasi wisata yang tersembunyi dan cocok untuk dikunjungi. Apalagi bagi Anda yang hobi jalan-jalan untuk menghabiskan waktu saat liburan.

Tak hanya itu, Pangandaran juga memiliki banyak spot wisata yang keren seperti Situs Budaya, Situs Bersejarah, lokasi swafoto kekinian, hingga wisata alamnya yang sangat direkomendasikan untuk memanjakan mata serta menghilangkan penat.

Di antara wisata Pangandaran yang cocok Anda kunjungi, adalah:

  1. Curug Bojong yang berada di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangandaran. Di lokasi ini Anda bisa menikmati air terjun yang mengalir dari atas perbukitan dengan tiket masuk yang sangat terjangkau.
  2. Pantai Batukaras yang terletak di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang. Di pantai ini, Anda dapat melihat keindahan alam pantai di selatan Pangandaran dengan tarif masuk sangat murah, tergantung kendaraan yang digunakan saat masuk.
  3. Pantai Pangandaran, tentu sudah tidak asing lagi bagi wisatawan. Lokasi yang mudah dijangkau ini, Anda bisa menjajal berbagai fasilitas seperti berenang, sepeda santai di tepi pantai, jet ski, mancing serta lainnya. Tak hanya itu, bila Anda datang sekitar bulan Juni-Juli, bisa secara langsung menyaksikan festival layang kelas internasional yang memang rutin digelar. Apalagi jika pada bulan syura, ada sedekah bumi yang sangat menarik.
  4. Pantai Keusih Luhur yang berlokasi di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih. Dengan kondisi alamnya yang masih perawan, sayang kalau ke Pangandaran tidak datang ke sini, meski fasilitas belum memadai. Untuk masuk sendiri ke lokasi ini gratis dan sangat cocok untuk pecinta foto.
  5. Desa Wisata Selasari yang bertempat di Kecamatan Parigi. Jika Anda ke sini, maka akan disajikan pemandangan hamparan sawah serta gua-gua yang masih alami. Dengan fasilitas wisata yang cukup memadai seperti makanan khas desa, air terjun, maupun body rafting, akan semakin menambah betah saat Anda datang ke sini.
  6. Santirah River Tubing yang berlokasi di Desa Wisata Selasari, Kecamatan Parigi. Di sini Anda bisa melakukan renang sambil menyusuri gua-gua, seperti Goa Lanang, Goa Keraton maupun Goa Patapaan.
  7. Pantai Saung Muara berlokasi di Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan alam di saung-saung nelayan yang memasang perangkap ikan. Berbagai fasilitas makan pun di sini tersedia.
  8. Pantai Karapyak yang berlokasi di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang. Dengan hamparan pasir berwarna putih dan fenomena alam unik, yakni saat air surut bisa menikmati taman laut sepanjang pantai. Meski tidak cocok untuk berenang, namun ini bagus untuk berfoto.
  9. Pantai Batuhiu di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi.
  10. Body Rafting Citumang di Desa Sukamanah, Kecamatan Parigi.
  11. Pantai Lembah Putri di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang.
  12. Pantai Karang Tirta di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang.
  13. Cagar Alam Pananjung yang berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran.
  14. Pantai Madasari, berlokasi di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak.
  15. Green Canyon Pangandaran yang berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang.

Dari belasan lokasi wisata di Pangandaran yang menarik ini, sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dieksplorasi, terlebih dengan kemudahan mencarinya di internet atau melalui berita Pangandaran yang memang selalu update. Tak hanya itu, saat ingin berlama-lama di Pangandaran juga bisa menggunakan fasilitas penginapan baik jenis losmen, hotel maupaun homestay dengan harga yang bersahabat dan cukup variatif. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here